katodik

Katodik? Proteksi logam dibawah air terbaik #1

Korosi merupakan masalah serius bagi logam yang terpapar dengan air dan lingkungan yang korosif. Korosi dapat menyebabkan kerusakan struktural, penurunan masa pakai, dan biaya perawatan yang tinggi. Untuk melindungi logam dari efek buruk korosi di bawah air, perlindungan katodik telah menjadi solusi yang efektif dan banyak digunakan.

Apa itu Proteksi Katodik?

Proteksi katodik adalah metode perlindungan logam dari korosi dengan memanfaatkan prinsip elektrokimia. Dalam metode ini, logam yang ingin dilindungi dianggap sebagai katoda dalam suatu sistem elektrokimia. Sebuah katoda biasanya dilindungi dari korosi karena itu adalah area di mana reaksi redoks (perubahan oksidasi-reduksi) terjadi, dan ini mengakibatkan logam berfungsi sebagai pengambil elektron, bukan sebagai penyumbang elektron. Dalam lingkungan yang korosif, logam yang berfungsi sebagai katoda akan menarik arus elektron, dan ini mengurangi kecenderungan korosi.

Penerapan Proteksi Katodik di Bawah Air

Proteksi katodik sering diterapkan pada struktur di bawah air, seperti dermaga, pelabuhan, instalasi bawah laut, kapal, tangki penyimpanan, dan pipa bawah laut. Terdapat dua jenis perlindungan katodik yang umum digunakan: katoda sacrificial dan katoda berpengaruh arus.

  1. Katoda Sacrificial:
    Katoda sacrificial melibatkan penggunaan logam yang lebih reaktif secara elektrokimia (misalnya seng atau magnesium) sebagai anoda sacrificial yang dipasangkan dengan logam yang ingin dilindungi sebagai katoda. Ketika anoda sacrificial terkorosi, logam yang dilindungi tetap terjaga. Proses ini memungkinkan logam yang lebih mudah terkorosi berfungsi sebagai korban korosi, dan logam yang lebih berharga dilindungi.
  2. Katoda Berpengaruh Arus:
    Dalam perlindungan katoda berpengaruh arus, arus searah eksternal diaplikasikan ke logam yang ingin dilindungi sehingga berfungsi sebagai katoda. Arus ini mencegah korosi dengan memaksa logam yang ingin dilindungi berfungsi sebagai area katoda dan menarik arus elektron dari lingkungan sekitarnya, menghambat korosi.

Keuntungan Proteksi Katodik

Proteksi katodik memberikan sejumlah keuntungan dalam melindungi logam di bawah air:

  1. Mengurangi biaya perawatan dan penggantian logam.
  2. Meningkatkan masa pakai dan keberlanjutan struktur logam.
  3. Mencegah kerusakan dan kegagalan struktural akibat korosi.
  4. Tidak mempengaruhi penampilan atau kualitas permukaan logam.

Proteksi katodik adalah metode yang efektif untuk melindungi logam dari korosi di bawah air. Dengan memanfaatkan prinsip elektrokimia, perlindungan katodik mencegah korosi dengan mengalihkan proses reaksi redoks dari logam yang ingin dilindungi. Hal ini memberikan manfaat besar dalam menjaga keberlangsungan struktur logam dan mengurangi biaya perawatan jangka panjang. Dalam lingkungan yang penuh tantangan seperti bawah air, proteksi katodik telah membuktikan diri sebagai solusi yang handal dan efisien untuk melindungi investasi penting di industri seperti konstruksi, minyak dan gas, dan kelautan.

Jasa Aplikator Chatodic Terbaik

Monomer Group adalah pilihan yang tepat sebagai Spesialis Jasa Chatodic Terpercaya. Karena selain anda akan mendapatkan harga yang terjangkau, jasa profesional dan tentunya dapatkan juga material dengan kualitas terbaik.

Kami telah berpengalaman selama bertahun – tahun dalam bidang Chatodic dan sudah mengerjakan banyak project di Indonesia. Kami merupakan tenaga ahli yang berpengalaman, disiplin, profesional, juga berani bertanggung jawab atas pekerjaan kami.

Untuk berkonsultasi lebih lengkap mengenai Instalasi Chatodic. Silahkan Hubungi Kami klik di sini, Team ahli kami siap mebantu anda dan akan memberikan penawaran yang terbaik.

Comments are closed.