5 Jenis Waterproofing Terbaik untuk musim hujan

waterproofing terbaik

Memilih Jenis Waterproofing terbaik agar tahan terhadap kebocoran pada saat musim hujan bukanlah hal yang sepele. Water proofing sendiri adalah  suatu proses pengaplikasian material pelapis anti anti bocor / rembesan air pada area tertentu, seperti :

  • Basement
  • Atap
  • dak beton
  • tangki air tanah ( Ground Water Tank)
  • kolam renang
  • construction joint
  • serta area basah lainnya.

Cara kerja pelapis anti bocor ini yaitu dengan menutup pori – pori permukaan pada permukaan dinding, atap, bangunan, media atau objek lainnya. Sehingga aliran air akan terhalang dan tidak bisa menembus permukaan objek.

Berdasarkan jenis material dan metode pengaplikasiannya, ada 5 jenis waterproofing terbaik, disini kami akan jelaskan secara singkat.

5 Jenis Waterproofing Terbaik

  1. Waterproofing Coating. Berdasarkan penyusunannya, ada 3 type coating anti bocor yaitu :
    1. Cement based waterprrofing (berbahan dasar semen).
    1. Elastomeric Based (Berbahan dasar Polymer atau PU)
    1. Solven bassed waterproofing
  2. Waterproofing Membrane. Berdasarkan penyusunannya, pelapis anti bocor ini dibagi menjadi2, yaitu berbahan dasar fiber & berbahan dasar polyester. Polyester memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada fiber, tapi di klaim memiliki daya tahan dan kualitas jauh lebih baik. karena pengaplikasiannya tidak mudah, jadi untuk metode ini anda memerlukan Aplikator waterprofing membrane yang berpengalaman.
  3. Waterproofing Integral. Integral waterproofing adalah tipe produk yang pada umumnya dicampur dengan adukan beton sebelum di cor, sehingga dapat dikatakan sebagai campuran beton. Biasanya di aplikasikan pada basement, bak penampungan air, olam renang, dan lainnya agar menjadi lebih kedap air, tidak mudah retak, dan keras.
  4. Waterproofing Zinc, Atap aluminium plate. Dengan material khusus agar memproteksi atap aluminium / seng dari kebocoran juga agar lebih tahan terhadap korosi.
  5. Protective Coating / FRP Lining. Selain fungsi utamanya sebagai pelapis anti bocor, FRP lining juga dapat melindungi dari korosi, zat kimia abrasif, dan sebagainya. Dapat diaplikasikan pada struktur beton, besi, maupun baja.

Wajib Disimak! Mengapa Waterproofing bisa gagal?

Memilih jenis water proofing yang tepat tentunya sangatah penting mengingat kebocoran rumah ataupun gedung adalah masalah yang sangat serius. Dikarenakan hal ini berpengaruh pada biaya perbaikannya nanti yang bisa melambung tinggi. Jika anda telah mengaplkasikan waterroofing pada bangunan anda, tapi masih mengalami kebocoran, hal ini bisa disebkan oleh beberapa hal diantaranya :

  • Pemilihan Jenis Waterproofing yang kurang tepat.
  • Pelaksanaan Pekerjaan yang salah.
  • Kualitas materialnya yang kurang bagus
  • Jasa Aplikator yang kurang berpengalaman.

Memperbaiki beton yang bocor dan pelapisan waterproofing yang ampuh bukanlah pekerjaan yang sepele. Percayakan penanganan perbaikan beton dan waterproofing atap beton pada kontraktor spesialis perbaikan beton dan waterproofing terbaik agar dapat ditangani dengan tepat, dan menghindari masalah di kemudian hari.

Silahkan konsultasi terkait Jasa Injeksi Beton bocor dan waterproofing pada Team Ahli kami. Segera Hubungi kami untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan penawaran harga terbaik.