Jasa Waterproofing dan Jenis2 Terbaik yang perlu diketahui

jasa waterproofing

Jasa Waterproofing dan Jenis – jenisnya

Jasa Waterproofing dan Istilah waterproofing sudah tidak asing lagi di dunia konstruksi. Kami akan jelaskan secara singkat dan jelas apa sih yang dimaksud waterproofing dan jenis-jenisnya di Artikel ini. Waterproofing merupakan suatu cara yang efektif digunakan untuk mencegah terjadinya kebocoran dan rembesan pada bangunan. Pekerjaan ini bertujuan untuk membuat suatu area tertentu menjadi kedap air atau anti bocor. Biasanya kebocoran sering terjadi pada area-area berikut ini :

  • Lantai kamar mandi
  • Rooftop (Atap Bangunan)
  • Area Basement
  • Dak beton atau Roof Deck
  • Sendi konstruksi
  • Kolam renang, dan area basah lainnya.

Mengapa mengatasi kebocoran pada area tersebut penting? Karena jika dibiarkan secara terus menerus, maka ketahanan pada struktur konstruksi bangunan akan berkurang karena rapuh. Selain itu, biaya perbaikan akan membengkak jika kerusakan yang diakibatkan semakin parah dan meluas. Adapun waterproofing terbagi menjadi beberapa jenis, sehingga Anda bisa menentukan jasa waterproofing mana yang tepat bagi rumah atau bangunan Anda.

Ada beberapa jenis waterproofing yang umum digunakan, berdasarkan jenis material dan metode pengaplikasiannya. Berikut Penjelasannya :

Jenis – Jenis Jasa Waterproofing

  1. Waterproofing Coating. Berdasarkan penyusunannya, ada 3 type coating anti bocor yaitu :
    1. Cement based waterprrofing (berbahan dasar semen).
    1. Elastomeric Based (Berbahan dasar Polymer atau PU)
    1. Solven bassed waterproofing
  2. Waterproofing Membrane. Berdasarkan penyusunannya, pelapis anti bocor ini dibagi menjadi2, yaitu berbahan dasar fiber & berbahan dasar polyester. Polyester memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada fiber, tapi di klaim memiliki daya tahan dan kualitas jauh lebih baik. karena pengaplikasiannya tidak mudah, jadi untuk metode ini anda memerlukan Aplikator waterprofing membrane yang berpengalaman.
  3. Waterproofing Integral. Integral waterproofing adalah tipe produk yang pada umumnya dicampur dengan adukan beton sebelum di cor, sehingga dapat dikatakan sebagai campuran beton. Biasanya di aplikasikan pada basement, bak penampungan air, olam renang, dan lainnya agar menjadi lebih kedap air, tidak mudah retak, dan keras.
  4. Waterproofing Zinc, Atap aluminium plate. Dengan material khusus agar memproteksi atap aluminium / seng dari kebocoran juga agar lebih tahan terhadap korosi.
  5. Protective Coating / FRP Lining. Selain fungsi utamanya sebagai pelapis anti bocor, FRP lining juga dapat melindungi dari korosi, zat kimia abrasif, dan sebagainya. Dapat diaplikasikan pada struktur beton, besi, maupun baja.

Jika anda ingin Proteksi kebocoran yang paling tepat, segera konsultasikan kebutuhan anda pada Aplikator terbaik. Team ahli kami akan memberikan solusi dan penawaran terbaik.