Epoxy Lantai Pabrik dan Gedung Terbaik No.1

epoxy lantai pabrik

Epoxy Lantai Pabrik dan gedung yang Bagus akan memberikan hasil akhir yang memuaskan dan tahan lama. Jika Anda adalah seorang pengusaha yang sedang membangun pabrik atau gedung baru dan menginginkan lantai yang kuat dan tahan terhadap goresan tumpukan barang hingga roda besi forklift, epoxy dapat menjadi pilihan Anda. Saat ini, epoxy pada lantai merupakan pelapis lantai yang sedang naik daun. Mungkin Anda sedang bertanya-tanya saat ini, apa itu epoxy? Epoxy atau dalam nama kimianya disebut polyepoxide adalah jenis bahan kimia resin polimer epoxide thermosetting dari proses yang disebut polimerisasi yang biasa digunakan sebagai bahan perekat atau pelapis pada banyak benda, mulai dari kayu, besi, plastik, hingga beton.

Kebanyakan epoxy dibuat dari reaksi antara epichlorohidryn dan bisphenol-A. Epoxy biasa dicampur dengan bahan hardener atau pengeras dengan takaran yang tepat untuk mengubah sifat epoxy dari zat cair menjadi zat padat agar bekerja sebagai pelapis dengan sempurna. Ketahanan yang baik terhadap berbagai macam degradasi lantai mulai dari fisik maupun kimiawi membuat epoxy menjadi tren di pembangunan rumah maupun perkantoran. Lalu, jika Anda tertarik menggunakan epoxy untuk melapisi lantai pada pabrik ataupun tempat kerja, bagaimanakah pekerjaan epoxy lantai yang benar untuk pabrik dan gedung? Berikut ini adalah penjelasannya.

Tahapan Pengerjaan Epoxy Lantai Pabrik & Gedung

Pengosongan area

Dalam pekerjaan epoxy lantai yang benar untuk pabrik dan gedung mana pun, pertama-tama, yang harus dilakukan adalah tentu saja mengosongkan area yang akan di aplikasikan. Area tersebut harus bebas dari barang-barang dan hal-hal lain yang berpotensi dapat mengganggu pengerjaan cat lantai. Oleh karena itu, ada baiknya epoxy lantai dikerjakan sebelum memindahkan barang-barang ke dalam pabrik.

Grinding

Kemudian tahapan selanjutnya adalah grinding, yang merupakan pekerjaan untuk membuka pori-pori yang terdapat pada lantai. Grinding dilakukan dengan menggunakan mesin khusus untuk grinding. Mesin ini sanggup membersihkan lantai dengan sangat efektif, mulai dari noda minyak hingga debu-debu lama yang sudah berkerak sehingga sulit dihilangkan dengan sikat dan pembersih lantai biasa. Tahapan ini sangat penting, mengapa? Karena jika lantai terhalang debu dan kotoran, epoxy tidak akan dapat diaplikasikan dengan sempurna. Cat epoxy harus terserap ke dalam pori-pori lantai untuk mendapatkan hasil maksimal dan ketahanan yang diinginkan.

Aplikasi primer 

Untuk mencapai hasil yang kuat sesuai harapan dan kegunaan, epoxy sendiri terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan pertama adalah primer. Setelah lantai dibersihkan dengan sempurna, primer epoxy diaplikasikan secara merata ke seluruh bagian lantai. Setelah itu, primer dibiarkan selama beberapa jam agar mengering dan siap ditambahkan lapisan berikutnya.

Plamir dan pengecekan

Setelah primer kering dengan sempurna, tahap selanjutnya yaitu mengaplikasikan plamir menggunakan scrap dan kemudian dibiarkan kembali untuk mengering selama beberapa jam. Kemudian, dilakukan pengecekan untuk memastikan apakah plamir diaplikasikan dengan baik ke seluruh permukaan. Jika kemudian didapati bahwa ada bagian yang tidak merata, plamir kembali diaplikasikan ke bagian yang kekurangan saja sehingga tidak perlu mengulang dari awal. Jika kondisi plamir yang kurang menyeluruh tersebut dibiarkan, maka saat dilakukan pengecatan warna akan terlihat berbelang dan tidak merata.

Pengecatan epoxy dasar dan finishing

Tahapan selanjutnya adalah melakukan pengecatan dengan epoxy dasar atau base coat. Setelah kering, dilakukan pengamplasan yang dilanjutkan dengan pengaplikasian finishing coat. Terdapat banyak sekali pilihan finishing coat yang tersedia sesuai dengan jenis, bahan, dan kegunaan. Anda harus menyesuaikan jenis finishing coat dengan pabrik ataupun gedung Anda. Pabrik yang bekerja dengan bahan kimia atau listrik yang membutuhkan lantai dengan kekuatan dan ketahanan khusus tentu saja akan menggunakan finishing coat yang berbeda dengan gedung perkantoran ataupun pusat belanja atau mal. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan ahli epoxy sebelum memulai dalam menentukan finishing coat yang cocok digunakan.

Itulah tahapan pekerjaan epoxy lantai yang benar untuk pabrik dan gedung yang memiliki lantai beton sebagai dasarnya. Anda dapat memilih satu dari banyak jasa pengaplikasian epoxy lantai yang tersedia di internet yang sesuai dengan modal dan kebutuhan.

Area Kerja yang sangat direkomendasikan untuk Epoxy Lantai :

  • Apotik / Farmasi
  • Klinik
  • Rumah Sakit
  • Pabrik
  • Gudang
  • Area Forklift
  • Dapur / Kitchen
  • Lapangan Bulu Tangkis / Tenis
  • Dan sebagainya.

 

Merk Material Cat Epoxy Lantai Pabrik yang bagus

Merk Type
Propan Polyfloor PFT 213, Polyfloor PFT 215, Polyfloor PFT 253, Polyfloor PFT 613, Multipox MX, Tennoke, Epogreen EPG 233 2K WB, Epogreen EPGc 255 3K WB, PFT 293/223, PUEP 216, PSF 255, PFM 212/222, CTC 997/998/999, Trafikkote TFK100, PFT 611/615, PUAS 620, PFC 225/235, WBS 224, SKF 201/203/204
Fanos Maxifloor MFT 353, Maxifloor MFT 363, Maxifloor MFC 300/301/202/212, Maxifloor MFT 343/325/311/390
Flowcrete Flowfresh MF, Flowfresh SR, Flowfresh HF, Flowfresh RT, Flowcoat CR, Flowcoat SK, Flowcoat UCR
Fosroc Nitofloor FC150, Nitofloor FC140, Nitofloor SL2000, Nitofloor SL3000, Nitofloor TF5000
Sika Sikafloor 242, Sikafloor 264, Sikafloor 315, Sikafloor 155WN, Sikafloor 20/21/29/31 purcem
Chugoku Hifloor 100, Epicon 100
Mapei Mapefloor I300/I302/I320/I360/I390/I500, Mapefloor PU400/PU410, Mapefloor EP19SP, Mapefloor Finish 52W/55W/58W/451/630
Pentens E008, E500, E501, E502, E601, E603, E620F, PU-150, PU-505, PU Floor MF, PU Floor HD

*Berikut adalah material yang umum digunakan, diluar itu, tersedia berbagai macam merk lainnya sesuai dengan kebutuhan dan permintaan.

Silahkan Hubungi Kami untuk berkonsultasi dengan Aplikator Jasa Epoxy Lantai Pabrik dan Gedung Terbaik. Dapatkan penawaran Harga Terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda.